Senin, 11 April 2016

Liburan hemat keliling Surabaya

Akhirnya, Abi mau juga diajak keliling Kota Surabaya. Yeayy..
Saran untuk mommy-mommy yang pengen ngajakin suami jalan-jalan, tapi destinasinya bikin suami agak ragu.
Ini tips nya :
- Susun rencana dengan matang,
- Jadwal acara nyaman untuk semua,
- Cari web/blog valid yang bisa kita review dan jadi proposal ke suami
- Sekalian cek lokasi di google maps, untuk mempermudah urutan tujuan

Dan, inilah liburan hemat ala-ala kami keliling Kota Surabaya. Alhamdulillah juga, semua sesuai rencana.
08.30 : kami sudah tiba di HoS (house of sampoerna) di Kali Sosok. Untuk booking SHT (surabaya heritage track) jam 15.00. Sebenernya bisa order via phone tp sudah full.

09.00 : Selesai booking langsung meluncur ke selatan. Kita menuju ke ekowisata mangrove Wonorejo. Perjalanan melalui MERR, alhamdulilah tidak macet.
30 menit sudah tiba di lokasi, tanpa tanya-tanya hanya mengandalkan maps.

Pertama, kenalan dulu sama yang namanya tanaman bakau. Kita bisa menyusuri jembatan kayu ini. Ada informasi tentang jenis burung yang hidup di hutan itu.
Lanjut kita menuju dermaga. Naik perahu menyusuri hutan bakau sampai lihat lepas pantai, trnyata disana banyak gazebo jg utk piknik.

Kita diturunkan d dermaga sebelum lepas pantai. Lihat lebih ke dalam hutan bakau seperti apa.

Kali ini kita merasakan berjalan di atas jembatan bambu. Di lokasi ini ada toilet dan musholla juga. Ujung jembatan ini ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk acara, dengan view laut lepas.
Oiya, masuk wisata mangrove ini free. Bayar perahu utk dewasa 25rb/org. Anak dibawah 5th free. Parkir berapa ya lupa..
Menuju adzan Dhuhur, kita keluar dari hutan. Mau piknik di Kebun Bibit Wonorejo, tidak jauh dari wisata manrove tadi.

12.00 : Santai dan ngadem di Kebun Bibit Wonorejo. Gelar tiker, rehat, makan siang (botram kt orang Sunda mah). Anak2 bisa asik sendiri main disini. Taman terawat. Playground oke. Ada bebek, angsa dan rusa.

14.00 : Setelah perut terisi dan suami sekaligus driver bisa selonjoran istirahat, kita lanjutan perjalann. Kembali menuju Kali Sosok dan touring bareng bus SHT. Pukul 15.00 tepat SHT berangkat. Ada 2 tempat yg dikunjungi : reruntuhan bekas kraton Surabaya, dan balai kota Surabaya. Tour guide nya oke, alumni sejarah kayanya. Kalo ga ikut tour ini mungkin ga prnah ada alasan lihat kantornya Bu Risma. Dan ternyata baru tau kalo :
- Surabaya juga punya Kraton, tapi diruntuhkan oleh Belanda sebelum jaman kemerdekaan.
- Tugu Pahlawan lebih tua 10 tahun dari Monas, kalo tugu Jogja tahun berapa ya dibangun (plak..)
- Di taman balai kota banyak tanaman sayurnya. Ada terong, kol, daun bawang, jagung...jadi inget isi kulkas..

Tracker Cilik
Reruntuhan Kraton Surabaya
Serius mendengakan penjelasan dari tour guide

Oiya tour SHT ini free.

Setelah 1,5jam tour langsung cuss pulang balik ke Gresik lagi.
Alhamdulillah sebelum adzan Maghrib kita sudah sampai di rumah. Tak lupa beli nasi bebek untuk makan malam :D