Jumat, 06 Mei 2016

ZOO Lover (1) : Ragunan, Jakarta

Pengalaman pertama Ifa pergi ke kebun binatang di usia 7 bulan. Di usianya itu juga menjadi pengalaman pertamanya terbang dengan pesawat udara. Sepertinya dia memang sudah punya bakat dan bawaan senang travelling. Bisa jadi karena mendengar nurani uminya (ups).




Kembali lagi. Di sini Ifa ingin sedikit berbagi cerita pengalaman pertamanya jalan-jalan ke kebun binatang.

Usia Ifa kala itu masih 7 bulan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengajaknya berwisata, yaitu :
1. Jam aktif dan jam tidurnya. Usia 7 bulan relatif masih wajib ada jam tidur pagi sebelum jadwal makan siangnya. Hal ini sangat penting diperhatikan karena jangan sampai di tempat wisata ia rewel mengantuk.
2. Jenis makanannya. Bayi yang baru kenal MPASI belum bisa disesuaikan dengan makanan dewasa atau jajan di sembarang tempat. Tekstur makanannya pun masih di tekstur lembut menuju kasar. Jadi perlu dipersiapkan dulu sebelum berangkat. Makanan yang menjadi kesukaan anak. Karena berwisata membutuhkan energi yang cukup dan baik.
3. Stroller atau kereta dorong. Anak nyaman menikmati wisata, orangtua pun bahagia. Pastikan sebelumnya kalau anak senang duduk di atas stroller yang akan dibawa berwisata.


Baik, sementara 3 poin itu dulu saja yang wajib.
Lanjut ke inti cerita.

Kami berencana pergi ke Ragunan jam 9 berangkat dari rumah orangtua. Lokasi rumah orangtua beada di Pondok Labu yang tidak jauh dari Ragunan, hanya membutuhkan waktu maksimal 30 menit.

Pagi harinya, setelah Ifa sarapan dan mandi, kami membuatnya aktif bermain. Dengan tujuan supaya Ifa cepat lelah dan mempercepat jam tidur paginya. Akan tetapi, ternyata Ifa belum juga tidur sampai jam 9. Namun tanda ngantuknya sudah nampak. Kami putuskan berangkat dengan harapan Ifa akan tidur di mobil.
Dan seperti yang diduga, Ifa segera tertidur ketika mobil mulai bergerak. Lalu waktu tempuh berangkat kami jadikan perlahan dan so slooww, supaya memberikan waktu tidur bagi Ifa.

Jam 10 tepat, kami sampai di area parkir Ragunan. Ifa pun terbangun, ia sudah masuk dalam fase ON.



Kebun Binatang Ragunan

Ragunan adalah kebun binatang kerakyatan. Tiket masuknya sangat sangat terjangkau. Mungkin karena model dan layout-nya yang jadul, dibanding dengan zoo kekinian. Namun koleksi satwanya juga lengkap. Wahananya juga tidak kalah menarik.
Tiket masuk untuk dewasa 4.000/orang dan anak 3.000/orang. Parkir mobil 6.000/hari dan sepeda motor 3.000/hari.
Alangkah baiknya memilih wisata ke Ragunan di hari kerja, ketika sang ayah sedang cuti. Jika hari libur dipastikan jalanan di dalam kebun binatang pun macet.







Wahana dan fasilitas yang ditawarkan di dalam Ragunan, antara lain :
kuda tunggang, onta tunggang, taman satwa anak, perahu angsa, kereta keliling, sepeda tunggal, sepeda ganda, kuda bendi.
Biayanya pun teap sangat terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar